Cara Membuat Kue Donat Empuk&Lezat

Siapa yang tidak kenal dengan jajanan dari tepung terigu berupa donat? Makanan dengan bentuk bulat dan berlubang di bagian dalamnya ini. Memang menjadi salah satu jenis makanan atau kudapan yang banyak diminati. Selain memiliki tampilan yang lucu dan mengundang selera dari topping yang dimiliki, donat juga memiliki rasa yang bersahabat di lidah siapa saja. Ketika ingin menghidangkan camilan yang sehat untuk keluarga, maka jangan ragu untuk mengetahui cara membuat kue donat dan membuatnya sendiri di dapur. Sebenarnya tidak diperlukan keahlian khusus dalam membuat kue donat sendiri.

Cara Membuat Kue Donat

Jika anda tertarik membuat sendiri sajian kue donat maka langkah pertama, tentu saja anda harus paham resep yang benar. Banyak orang yang merasa kesulitan membuat kue donat yang empuk. Kesalahan dalam membuat kue donat sering bersumber dari gagalnya membuat adonan kue donat yang mengembang sempurna. Sehingga, donat yang dihasilkan kadang akan menyerupai kue bolu yang tidak melar seperti kue donat yang seharusnya. Kemudian tekstur kue donat juga akan menjadi bantat dan keras sehingga mengandung banyak minyak yang digunakan untuk menggoreng.

Mengurangi resiko mengolah kue donat yang salah resep, maka sebaiknya anda memahami teknik membuat adonan kue donat yang tepat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membaca resep yang terdapat dalam buku panduan memasak. Banyak orang yang salah dalam memperlakukan bahan-bahan sehingga tidak sesuai dengan aturan di buku resep yang dibaca. Selain perlakukan adonan juga dari pemilihan bahan yang digunakan, sehingga perlu teliti dari awal hingga akhir untuk menyajikan kue donat yang memiliki tekstur empuk dan lembut saat masuk ke mulut.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik agar cara membuat yang dibaca di buku panduan pas dengan apa yang anda buat di depan mata:

1.         Memilih dan menakar ragi dengan tepat,

Proses pembuatan adonan donat yang melar memerlukan penambahan bahan berupa ragi, yang juga berfungsi membantu proses pengembangan adonan. Membeli ragi instan juga perlu selektif, sebab jika salah membeli kita bisa mendapatkan ragi yang sudah lama. Ragi yang memiliki usia lama akan membuat adonan menjadi tidak mengembang dan pada akhirnya akan menjadi bantat. Kue donat dengan adonan yang bantat jika matang akan memiliki tekstur yang keras. Adonan yang bantat juga akan membuat tekstur kue yang dibuat tidak bisa disebut sebagai kue donat, sehingga harus memilih ragi yang baru dan ditakar dengan pas.

2.         Menggunakan peralatan yang bersih,

Kebersihan perlu dijaga dengan baik sebagai salah satu proses atau resep enak yang menyempurnakan hasil olahan kue basah ini. Karena akan menambahkan ragi yang membantu proses pengembangan adonan. Maka diperlukan kondisi sekitar yang mendukung, salah satunya dari kebersihan peralatan yang digunakan. Ragi sangat sensitif terhadap keberadaan mikroba lain, sehingga meminimalkan resiko kue donat menjadi bantat. Sebaiknya menggunakan peralatan yang benar-benar bersih dan dalam kondisi kering sebelum digunakan. Pastikan anda mencuci tangan hingga bersih maksimal agar meminimalkan masuknya mikroba lain dari tangan kita.

3.         Sebaiknya menggunakan suhu ruang,

Jika ingin berhasil dalam membuat kue donat yang empuk dan lembut, maka pastikan anda membuatnya di ruangan yang suhunya pas. Sebaiknya dilakukan pada saat pagi hari jika anda di rumah tidak menggunakan AC. Namun, jika di rumah dan area dapur memanfaatkan pendingin ruangan maka setting suhu ruang pada mesin AC tersebut. Pada saat menunggu adonan kue donat mengembang, tutup dengan menggunakan kain atau yang memiliki pori. Hindari penutupan menggunakan plastik, sebab merupakan cara yang keliru. Plastik yang tidak memiliki pori justru akan membuat adonan sukar mengembang dan lebih mudah menjadi bantat.

4.          menggoreng dengan minyak yang cukup,

Kue donat merupakan salah satu jenis kue basah yang proses memasaknya dengan cara digoreng, sehingga memiliki warna kecoklatan yang alami tanpa pewarna. Donat yang sehat dan dibuat dari bahan-bahan yang aman dikonsumsi akan memiliki warna kecoklatan. Berbeda halnya dengan donat yang ditambahkan bahan berbahaya seperti lilin, akan membuat warnanya menjadi putih bersih meskipun sudah digoreng. Jika ingin mengetahui tips membuatnya yg enak dan yang tepat, maka pastikan saat digoreng menggunakan minyak yang banyak. Sehingga adonan terendam sempurna oleh minyak tersebut. Kemudian pastikan pula minyak yang digunakan pas panasnya, dan goreng menggunakan api yang kecil agar matang secara merata.

Proses pembuatan donat yang cukup panjang, sebab perlu menunggu adonan hingga mengembang baru kemudian dibagi dan dicetak bulat-bulat. Membuat daftar urutan caranya terlihat lebih ribet ketimbang dengan jenis kue basah lainnya. Namun, penggunaan minyak goreng untuk proses memasak kue donat menjadikannya bisa diolah oleh siapa saja. Tanpa perlu menggunakan peralatan tertentu, seperti mixer, oven, dan lain sebagainya. Memudahkan anda dalam membuat sendiri kue donat yang sehat, maka berikut resep membuat kue donat yang empuk dan lembut:

Bahan:

·         Tepung terigu ½ kg,
·         Air 200 cc,
·         Ragi instan 11 gram (1/2 bungkus),
·         Gula pasir 4 sdm,
·         Susu bubuk 3 sdm (bisa menggunakan susu kental manis),
·         Mentega 3 sdm,
·         Garam 2 sdt,
·         Telur 2 butir.

Cara membuat :

1.Kocok kedua butir telur yang dicampur dengan gula pasir, kemudian tambahkan garam, susu, tepung terigu, dan juga mentega, dan aduk hingga tercampur rata.
2.Masukkan ragi ke dalam air aduk sebentar hingga rata, kemudian masukkan ke dalam campuran adonan tepung terigu.
3.Uleni adonan hingga terasa kalis dan lentur saat ditarik, diamkan sekitar 15-20 menit dan ditutup menggunakan kain.
4.Usai mengembang, ambil adonan secukupnya, bentuk bulat-bulat sesuai dengan selera, diamkan kembali selama 15-20 menit hingga bulatan adonan mengembang.
5.Panaskan minyak secukupnya, kemudian goreng bulatan adonan yang sudah dilubangi di bagian tengahnya, gunakan stick untuk mengaduk adonan donat selama digoreng dengan cara digoyang-goyang.
6.Masak hingga adonan donat berubah warna, kecoklatan atau keemasan, kemudian angkat dan tiriskan.
7.Olesi permukaan donat dengan mentega dan tambahkan butiran coklat atau topping berupa gula halus, sesuai selera.
8.Kue donat siap untuk disajikan.

Pada saat menggoreng kue donat, sebaiknya menggunakan api yang kecil agar mencegah bagian luar matang namun bagian dalam masih mentah. Mengaduk menggunakan stick akan membantu proses pematangan adonan donat menjadi lebih rata dan sempurna. Dalam membuat donat memang diperlukan kesabaran, sebab perlu menunggu adonan mengembang sebanyak 2 kali proses. Namun, kualitas rasa dan keamanan bahan akan lebih terjamin.
 

Resep Masakan Template by Ipietoon Cute Blog Design